DEMOKRASI


     Kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani, demos yang berarti rakyat dan kratein/kratos yang berarti memerintah/pemerintahan. Jadi demokrasi berarti pemerintahan rakyat, yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) :
       •Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana segenap rakyat turut serta memerintah dengan        perantara wakilnya (partisipasi)
         •Demokrasi adalah gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan                  kewajiban, serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara
 *SEJARAH


Kata demokrasi berasal dari Athena,Yunani Kuno sekitar abad ke-5SM. Yunani merupakan salah satu negara yang ilmu pengetahuan dan peradabannya maju pada zamannya. Dari sinilah awal perkembangan tentang hukum demokrasi modern. Seiring berjalannya waktu hingga sekitar abad ke-18 terjadilah revolusi-revolusi termasuk perkembangan demokrasi di berbagai negara. Konsep demokrasi menjadi salah satu indikator perkembangan sistem politik sebuah negara. Prinsip Trias politica yang diterapkan oleh negara demokrasi menjadi sangat utama untuk memajukan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. 


                                                                                                                               
                                                      lihat juga Abraham Lincoln sebagai tokoh demokrasi 
                                     http://agitaditiya.blogspot.co.id/2016/03/abraham-lincoln_8.html
 
 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai topik diatas!!!